Loading..

Standar Waktu Indonesia Loading..

INFORMASI IKLIM PERKOTAAN DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA

HALAMAN INI BERISIKAN PRODUK-PRODUK EKSPERIMENTAL (DALAM PENGEMBANGAN)

 

UNTUK INFORMASI RESMI, SILAKAN LANJUTKAN KE HALAMAN UTAMA 

PREDIKSI SPASIAL INDEKS KENYAMANAN TERMAL

Peta prediksi spasial indeks kenyamanan termal menunjukkan tingkat kenyamanan iklim yang dihitung berdasarkan Temperature-Humidity Index. Perhitungan indeks dilakukan berdasarkan nilai prediksi parameter cuaca model numerik dinamis (khususnya parameter suhu dan kelembapan), yaitu menggunakan model Ina-NWP yang menggunakan asimilasi data observasi. Nilai indeks kenyamanan ini dikelompokkan dalam 4 kategori yang mengilustrasikan gambaran kondisi kenyamanan termal pada waktu-waktu yang diprediksikan. 

Prediksi indeks bergerak dalam selang waktu 3 jam selama 2 hari ke depan. Peta diupdate dalam jangka waktu harian. Dalam peta juga terdapat lokasi-lokasi tertentu di wilayah Jakarta, khususnya lokasi-lokasi yang identik dengan karakteristik wisata luar ruangan (outdoor).

MONITORING INDEKS KENYAMANAN TERMAL

Monitoring indeks kenyamanan termal menunjukkan rata-rata tingkat kenyamanan iklim berdasarkan analisis data pada bulan sebelumnya, yang juga dihitung berdasarkan Temperature-Humidity Index. Perhitungan indeks dilakukan dengan nilai yang terdapat pada dataset berbasis grid berdasarkan data reanalisis global (khususnya parameter suhu dan kelembapan). Nilai indeks kenyamanan ini dikelompokkan dalam 4 kategori yang mengilustrasikan gambaran kondisi kenyamanan termal pada waktu-waktu tertentu di bulan sebelumnya. Selain itu juga disediakan monitoring berdasarkan Thermohygrometric Index, yang menggambarkan pengaruh kondisi iklim pada kondisi fisiologis manusia, yang dikelompokkan dalam 5 kategori.  

Produk monitoring disajikan dalam bentuk dashboard interaktif, yang menyediakan informasi rata-rata bulanan indeks Temperature-Humidity Index dalam unit analisis kabupaten/kota. Informasi indeks Temperature-Humidity Index dan Thermohygrometric Index juga dalam unit analisis spasial kabupaten/kota tersebut juga tersedia dalam bentuk grafik time-series yang menggambarkan historis evolusi per-jam dari nilai masing-masing indeks tersebut di bulan sebelumnya. Untuk melihat grafik dari kabupaten/kota tertentu dapat dilakukan dengan memilih (klik) polygon pada peta atau memilih lewat menu drop-down yang ada.

INFORMASI RATA-RATA HISTORIS LAND SURFACE TEMPERATURE

Informasi peta rata-rata bulanan nilai parameter land surface temperature dihasilkan dari pengolahan komposit dari citra satelit yang diperoleh di bulan berjalan, yang kemudian dirata-ratakan selama periode tersedianya data.  Input data yang digunakan adalah citra satelit Landsat dengan resolusi yang sangat tinggi. Nilai parameter land surface temperature dapat memberikan gambaran mengenai jenis tutupan lahan di suatu tempat dan gambaran kondisi suhu di daerah tersebut, dan kemungkinan perbedaannya dengan wilayah di sekitarnya.